Musrenbang Kabupaten Pelalawan, Bupati H Zukri Sampaikan Pelalawan Maju

Pelalawan40 Dilihat

MediaKepriNews.Com- Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Pelalawan tahun 2024. Bupati Pelalawan H Zukri sampaikan capaian Program Pelalawan Maju  yang menjadi andalannya  patut diapresiasi, Kamis (16/03/2023) di Gedung Daerah Datuk Laksamana Mangkudiraja Pangkalan Kerinci.

 

Program kesehatan, melalui program berobat gratis hanya menggunakan KTP Pelalawan. Bupati Pelalawan H Zukri mendapat penghargaan dari Pemerintah Pusat melalui BPJS RI.

 

Selain itu program Pemerintah Kabupaten Pelalawan yang sangat menonjol di kalangan masyarakat yakni pemberian bantuan untuk anak yatim piatu, dan lansia atau janda tua.

 

Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024, Bupati Pelalawan, H Zukri menyampaikan capaian Pemerintahan Kabupaten Pelalawan.

“Mewujudkan Pemerataan Pembangunan Infrastruktur berkelanjutan guna neningkatkan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat menuju Pelalawan Maju,”  ungkap H Zukri.

 

Dalam paparanya Bupati H Zukri yang juga politisi PDIP Riau, menyebut kinerja pemerintah mengurangi angka kemiskinan. “Kinerja pemerintah daerah selama lebih kurang dua tahun berjalan, baik.  Dari segi penurunan angka kemiskinan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), tingkat Pengangguran Terbuka hingga peningkatan ekonomi. Pertumbuhan Ekonomi 2022 – 2023 mencapai 4,39 sampai 4,95.

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) 2022/2023 mencapai 72,39 sampai 73,03,” ucap Bupati Pelalawan H Zukri Misran.

 

Selaras dengan adanya peningkatan grafik pertumbuhan ekonomi, angka tingkat kemiskinan di masa kepemimpinan Zukri – Nasar mengalami penurunan dari 9,63 persen (2021) ke 8,97 persen (2022) dan 8,2 persen (2023).

 

Perubahan secara signifikan terlihat pada tingkat pengangguran terbuka. Terjadi penurunan drastis mencapai 50 persen lebih pada tahun 2023 ini. Dari angka 5,99 (2020), kemudian menjadi 2,34 pada tahun 2021 dan 2,3 di semester tahun 2023.

 

Profesor Dr H Tengku Dahril selaku tokoh Riau asal Pelalawan yang hadir  dalam sambutannya menyampaikan mimpi besar Gubernur Riau. Gubernur Riau H Syamsuar mengharap program pembangunan  dapat disinkronisasi antara pemerintah ditingkat kabupaten dengan Pemerintah Provinsi.

 

” Saya pada saat bertemu Gubernur Syamsuar, ia mengatakan ingin Riau menjadi pusat kemajuan peradaban Islam di akhir zaman. Sinkronisasi program pembangunan antara pemerintah ditingkat kabupaten dengan Pemerintah Provinsi yang diharapkan,” ucapnya.

 

“Saya berharap kepada generasi muda ini yang sekarang menjadi pemimpin di Pelalawan.        Bisa memberikan kontribusi kepada Pelalawan yang kita banggakan ini,” ujarnya.

 

Sementara dalam acara juga dihadiri tokoh cendikiawan, ulama dan tokoh masyarakat Kabupaten Pelalawan seperti Tengku Azmun Ja’far yang merupakan mantan Bupati Pelalawan serta beberapa tokoh masyarakat dan lapisan dari seluruh kalangan organisasi.***Lis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.