Monitoring Pelaksanaan IVA Test oleh Tim Penggerak PKK Sumut dan Dinas Kesehatan Kabupaten Batubara

Pelalawan32 Dilihat

BATUBARA,MediaKepriNews.Com,-
Tim Penggerak PKK Sumatera Utara dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batubara, Dr. Denis Syaputra, melakukan monitoring pada instansi percontohan pelaksanaan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) test di kantor Camat Talawi pada Rabu, 12 Juni 2024.

Kegiatan ini ditujukan untuk wanita usia subur antara 30 hingga 50 tahun yang sudah menikah atau yang sudah melakukan hubungan seksual, sebagai bentuk deteksi dini kanker leher rahim.

Kunjungan tim monitoring PKK Provsu yang dipimpin oleh Dr. Retno, Sani Dewi Delianan Sari Siregar, dan Enda disambut oleh PJ Bupati Batu Bara Nizhamul yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Renold Asmara.

Asisten Renold menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Tim PKK Kecamatan Talawi dalam memberikan perhatian kepada masyarakat, khususnya kaum wanita usia subur yang menjadi sasaran lomba IVA test. Hal ini karena inspeksi visual dengan asam asetat (IVA) merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim.

Oleh karena itu, seluruh wanita di Kecamatan Talawi diharapkan untuk melakukan deteksi dini melalui pemeriksaan IVA dan kanker payudara. Kegiatan ini bertujuan untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat kanker.

Turut serta dalam acara ini adalah Kadis Kesehatan P2KB Dr. Denis Syaputra, Kepala Puskesmas Labuhan Ruku Dr. Sarbaini, Ketua Pokja Bunda PAUD Delita Nursanti, perwakilan Bank Sumut KCP Lima Puluh, Kepala KUA Kecamatan Talawi, Polsek Labuhan Ruku, seluruh Kepala Desa dan Lurah se-Kecamatan Talawi, serta seluruh kader TP PKK desa atau kelurahan.

Acara juga mencakup kunjungan ke Puskesmas Labuhan Ruku untuk monitoring tempat pelayanan IVA test. ( T Sihotang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.