Saat Ini, RSUD Muhammad Sani Miliki Alkes Canggih

Karimun19 Dilihat

MediaKepriNews.Com- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muhammad Sani kini memiliki dua alat kesehatan (Alkes) canggih baru yakni Computerized Tomographys Scanning (CT Scan) dan Mamografi. Selasa (6/2/2024).

Dengan diresmikannya alat CT-Scan dan Mamografi oleh Bupati Karimun, Aunur Rafiq bersama Gubernur Kepri Ansar Ahmad, maka alat tersebut telah dapat dipergunakan untuk mengecek kondisi kesehatan pasien.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengatakan ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Menurutnya, alat CT Scan sangat dibutuhkan masyarakat untuk mendiagnosa pasien penyakit dalam. Sedangkan Mamografi sebagai alat pendeteksi secara dini kanker payudara.

“Sebenarnya, sebelum ini, alat CT-Scan telah dimiliki oleh RSUD Muhammad Sani, namun disebabkan kondisinya telah rusak pada 2017 lalu, maka pengoperasian alat itu dihentikan,” ujar Aunur Rafiq.

“Dengan kehadiran alat canggih ini, pasien yang ada disini tidak perlu lagi dirujuk ke Rumah Sakit lain di luar Karimun,” sambungnya.

Orang nomor satu di Bumi Berazam ini menyebut, kedua alat canggih itu merupakan pengadaan dari Pemerintah Pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2023 dan melalui tahapan lelang.

“Pengadaan alat ini nilainya mencapai Rp 17 miliar dengan rincian untuk harga alat CT-Scan Rp 13 miliar dan untuk alat Mamografi nilainya sebesar Rp 4 miliar,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Muhammad Sani, Rosdiana mengatakan, alat CT-Scan ini lebih canggih dari sebelumnya, dimana prosesnya berjalan lebih cepat.

“CT-Scan ini, 62 slash GNR dari sebelumnya 16 slash GNR. Slash itu menentukan kecepatan mesin operasinya, jadi waktunya lebih cepat,” katanya.

Rosdiana juga menyampaikan bahwa untuk mendapatkan layanan CT-Scan dan Mamografi ini, bagi pengguna BPJS Kesehatan diberlakukan secara gratis.

“Namun, pasien umum akan dikenakan biaya sesuai dengan pengobatan yang dijalani, bisa sampai Rp 1 juta keatas, tergantung dari pemeriksaan saat itu,” jelasnya.

Kegiatan peresmian penggunaan alat CT-Scan dan Mamografi, juga disejalankan dengan syukuran predikat paripurna akreditasi RSUD Muhammad Sani Karimun.

Diketahui, predikat paripurna yang diraih oleh RSUD Muhammad Sani tersebut merupakan predikat hasil penilaian tertinggi yang diberikan berdasarkan penilaian terhadap manajemen mutu dan keselamatan pasien yang diterapkan di rumah sakit.(**RF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.