Pelalawan,MediaKepriNews.Com- PT RAPP kembali melakukan penandatanganan Nota kesepahaman atau MoU terhadap 15 Desa Program Bebas Api di Kabupaten Pelalawan. Hal ini sebagai komitmen peduli lingkungan dan peduli pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Demikian disampaikan Mulia Nauli mewakili majagemen PT RAPP, Senin ( 29/06/2020) di auditorium kantor Bupati.

Dihadiri Bupati HM Harris, Kapolres diwakili Kabag Sumda Kompol Dodi Hasibuan, Pabung Kodim 0313 KPR Mayor S Tarigan, Sekda T Muhklis, Anggota DPRD Abdullah SPdI, Mulia Nauli Managemen Holding PT RAPP
, OPD, Camat, Kapolsek , Danramil dan Upika lainnya.

Mulia Nauli menyampaikan PT RAPP komitmen peduli lingkungan dan peduli pencegahan karhutla. Riau merupakan provinsi yang kaya akan sumber daya alam. Memiliki kekayaan hutan tropis yang memberikan sumbangsih cadangan oksigen bagi keberlangsungan makhluk hidup.
Namun, isu kebakaran hutan dan kabut asap senantiasa menjadi Pekerjaan Rumah (PR) bagi provinsi kita dan beberapa provinsi lainnya di Indonesia untuk mengurangi angka kebakaran dan dampak dari kebakaran yang terjadi. Ini merupakan tanggung jawab kita bersama.

RAPP merasa perlu turut serta mengambil bagian dalam PR tersebut dengan menunjukkan komitmen yang tinggi untuk menjaga kelestarian lingkungan dan menekan angka kebakaran.

Kami mengambil pendekatan strategis untuk manajemen kebakaran dengan fokus khusus terkait dengan pencegahan kebakaran hutan dan lahan melalui Program Desa Bebas Api (FFVP). Bekerja sama dengan masyarakat lokal untuk mengatasi akar penyebab kebakaran.

Sebagai hasil langsung dari pelibatan masyarakat melalui FFVP, jumlah areal yang terbakar hanya 0,39% dri total dari total 750.000 hektar lahan yang berpartisipasi do sekitar konsesi selama 5 tahun terakhir.

Dimulai pada tahun 2014 ada 4 desa yang menjadi pilot project program ini. O2015, 9 desa. 2016 18 desa dan di tahun 2020 ini kita bekerja sama dengan 29 desa di 3 kabupaten, yaitu Kabupaten Pelalawan, Siak dan Kepulauan Meranti.

Tahun ini ada 6 desa yg mendapat penghargaan senilai Rp 100 juta jika tidak terjadi kebakaran, yaitu Desa Sungai Ara, Pangkalan Terap, Ransang, Kelurahan Pangkalan Kerinci Timur, Lalang Kabung, dan Rantau Baru. Desa-desa selain yang 6 disebutkan tadi, akan mendapatkan bantuan berupa pembersihan lahan tanpa bakar, karena dua tahun lalu sudah mendapatkan penghargaan.

Program Desa Bebas Api ini tidak hanya memberikan penghargaan, crew leader, dan bantuan pembukaan lahan, namun juga memiliki program sosialisasi dan edukasi ke masyarakat termasuk anak-anak sekolah yaitu Fire Aware Community (FAC).

Ada 3 bentuk kegiatan FAC diantaranya FAC Goes to School, FAC Goes to Movie dan FAC Goes to Market.
Untuk tahun 2020 ini, FAC akan menjangkau 60 sekolah di 3 kabupaten dimana ketiga kabupaten ini merupakan kabupaten yang sebagian besar wilayahnya adalah lahan gambut. Dan FAC Goes to Market akan menjangkau 10 pasar di 3 kabupaten tersebut.

Sebagai perusahaan yang beroperasi di Pangkalan Kerinci, Riau, kami yakin dan percaya praktek pembangunan yang berkelanjutan akan menciptakan masa depan yang lebih baik. Hal ini sejalan dengan filosofi dari founder kami Bapak Sukanto Tanoto yang mengatakan bahwa kehadiran RAPP di Riau bukanlah sebagai tamu, melainkan sebagai bagian dari masyarakat, Beliau lebih menekankan, bahwa bisnis yang baik itu senantiasa memberikan yang terbaik bagi masyarakat atau community, bagi bangsa atau country , bagi iklim atau climate, bagi pelangganbatau customer, dan pada akhirnya akan memberikan vang baik pula bagi perusahaan atau company. Inilah yang kami sebut dengan prinsip 5C. (Good for Community, Country, Climate, Customer, dan Company).

Semoga penandatangan MoU ini dapat menjadi bagian dari komitmen kita untuk menjaga kelestarian lingkungan dan tanah air kita. Dan dengan komitmen dari semua pihak kita berharap PR besar mengenai kebakaran hutan dan lahan dapat kita atasi dengan baik. Harapan kami tentunya 30 desa yang tergabung dalam program ini benar-benar Bebas Api atau dengan kata lain zero fire.

Bupati HM Harris apresiasi kepedulian PT RAPP dengan berbagai kegiatan peduĺi pencegahan karlahut. Dengan berbagai kegiatan kegiatan pencegahan karlahut. Trimakasih reward RAPP. (EP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.