Kodim 0313/KPR Gelar Binkom Cegah Konflik Sosial

Nasional39 Dilihat

Bangkinang, MediaKepriNews.Com-Komando Distrik (Kodim) 0313 KPR wilayah Kabupaten Kampar, Pelalawan dan Rokanhulu menggelar kegiatan Pembinaan komunikasi (Binkom) cegah konflik sosial kepada jaringan unit intel Wilayah Kodim 0313/KPR TA 2022 di Aula Makodim, Senin 11 April 2022.

Binkom Cegah Konflik Sosial Di Wilayah Kodim 0313/KPR TA 2022 dengan tema “Sinergitas Komponen Masyarakat Dalam Mencegah Konflik Sosial”. Dibuka oleh waasintel Kasad Brigjend TNI Edi Sutrisno di wakili Letkol Adi.

Dandim 0313/KPR Letkol Arh Muliady SIP melalui Pasi Intel Kodim 0313 KPR Lettu CBA Azwir Amir SE memaparkan wilayah Kodim KPR 0313 KPR yang memiliki wilayah 3 Kabupaten. “Kodim KPR 0313 KPR memiliki wilayah 3 Kabupaten. Kabupaten Kampar, Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Rokan Hulu,” ungkapnya mengatakan cukup luas.

Untuk menjamin keamanan dan mencegah konflik sosial memerlukan kerjasama dengan tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama, cerdik pandai, pers dan lainnya. Maka Kodim 0313 KPR juga menggelar pembinaan komunikasi dengan jaring unit untel Kodim. Diharapkan Kodim dapat mengatasi konflik sosial dan mencegahnya di wilayah Kodim 0313 KPR.

Adapun peserta Binkom hadir dari Kabupaten Pelalawan, Rokan Hulu dan Kampar sebagai tuan rumah sebagai markas Kodim 0313 KPR. Diikuti juga jajaran kodim dan unit intel . Sebagai nara sumber dari Kapolres Kampar AKBP Rido SIK diwakili Kanit Intel Polres Kampar Iptu Jamal SH dan Kaban Kesbangpol Pemkab Kampar Drs Mahadi SH MH.

Puluhan peserta Binkom mengikuti pemaparan para nara sumber walaupun kebanyak peserta menjalankan ibadah puasa dan peserta lainnya turut menghormati. Kaban Kesbangpol Kampar Drs Mahadi SH MH menyampaikan potensi kerawanan konflik sosial di kabupaten Kampar dengan 21 kecamatan, 242 desa dan 8 kelurahan. “Konflik lahan sangat berpotensi menjadi konflik sosial. Hutan makin sedikit, kebun sawit makin banyak. Lahan lahan perbathinan ada 514 kepala suku yang berpotensi konflik. HGU yang tidak diketahui masyarakat dan perbathinan sering menimbulkan konflik. Begitu juga tenaga kerja lokal yang tidak terakomodir sementara pekerja dari luar kabupaten kampar diterima,” ujar Mahadi sebagai potensi konflik wilayah Kabupaten Kampar.

Iptu Jamal SH dari Sat Intel Polres Kampar memaparkan Peran masyarakat ikut serta dalam penanganan konflik sosial di Kabupaten Kampar. Terjadi juga dialog terkait persoalan potensi konflik dan upaya mencegahnya di 3 wilayah Kodim 0313/KPR. EP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.