Kanwil Bea Cukai Kepulauan Riau Bersama Bea Cukai Aceh Amankan 119 kg Sabu Asal Malaysia-Aceh

Kepri, Nasional24 Dilihat

Karimun,MediaKepriNews.Com-Kantor Wilayah (Kanwil) Khusus Bea Cukai Kepulauan Riau bersama Bea Cukai Aceh gagalkan penyelundupan narkoba jenis sabu jaringan Malaysia-Aceh dengan berat sekitar 119 kg.

Kanwil DJBC Khusus Kepri Agus Yulianto dalam rilisnya mengatakan pengungkapan peredaran sabu itu berawal dari informasi intelijen terkait adanya penyelundupan sabu dari Malaysia ke Aceh.

Menindaklanjuti informasi tersebut tim gabungan antara Operasi Patroli Laut Kanwil Khusus Bea Cukai Kepulauan Riau yang bersinergi dengan Bea Cukai Aceh dan berhasil melakukan penindakan terhadap sarana pengangkut KM. TEUPIN JAYA di Perairan Krueng Peureulak Aceh pada hari Minggu (21/6/2020).

“Dari penindakan tersebut dijumpai sebanyak 119 (seratus sembilan belas) kemasan narkotika jenis Metamfetamin (sabu). Pelaku penyelundupan memasukkan metamfetamin (sabu) kedalam kemasan teh asal Malaysia sebagai modus untuk mengelabuhi petugas Bea dan Cukai pada saat melakukan pemeriksaan Kapal KM. TEUPIN JAYA ,” jelas Agus dalam keterangan resmi yang dikirim melalui pesan WhatsApp Kamis (25/3/2020) siang.

3 (tiga) orang ABK kapal kayu KM. TEUPIN JAYA diamankan oleh petugas serta barang bukti berupa metamfetamin (sabu) sejumlah 119 kg.

Kemudian dibawa bersama Bea Cukai Aceh berkoordinasi dengan Bareskrim Polri guna untuk penyelidikan lebih lanjut.

Dari penanganan ketiga tersangka beserta dengan barang bukti tersebut dibawa menuju Jakarta untuk dilakukan serahterima secara resmi oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai kepada Bareskrim Polri untuk dilakukan pengembangan dan penyelidikan lebih lanjut.

“Penindakan ini merupakan wujud nyata dari pelaksanaan tugas dan fungsi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai untuk terus melindungi masyarakat dan generasi muda Indonesia dari masuknya barang terlarang terutama narkoba meski ditengah pandemi Covid 19,” ujar Agus.(Lis/RF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.