Pembangunan Infrastruktur Bukit Tumang Kelurahan Raya Akan di Gesa Siap Akhir 2019

Kepri36 Dilihat

Lingga,Mediakeprinews.com-Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) IV  Kepulauan Riau menganggarkan 22 miliar untuk membangun Embung Bukit Tumang di kelurahan Raya Singkep barat, Kabupaten Lingga yang mana pembangunannya akan di mulai pada bulan maret  2019 ini dan ditargetkan selesai pada akhir tahun 2019 ini juga.

Pembangunan Embung ini untuk menjaga saat musim kemarau,jika musim kemarau maka Embung ini lah salah satu solusinya guna  memenuhi kebutuhan air  bagi  masyarakat sekitar dan kita hanya menyiapkan embungnya saja,”untuk saluran lainnya akan dibangun dinas  terkait” kata Kepala BWSS wilayah Kepri Ismail Widadi, kepada media,(31/01/19).

Menurutnya konsep yang akan di bangun di Bukit tumang nantinya, akan dibangun berkonsep wisata dengan view yang indah dan ini sesuai dengan target pemerintah pusat saat ini yang membangun infrastruktur tidak hanya membangun fisiknya saja tapi juga membangun pendukung lainnya agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Saat ini cadangan air diwilayah Provinsi Kepulauan Riau, masih sangat minim khususnya di beberapa daerah perkotaan yang masyarakatnya padat penduduk seperti di Kota Batam dan Tanjungpinang itu sangat kurang persediaan air nya, Kabupaten Lingga sendiri meskipun memiliki banyak sumber air, namun masih membutuhkan pembangunan infrastruktur cadangan untuk menampung air tersebut.

Di beberapa wilayah, seperti Bintan, sudah ada yang selesai kita bangun, dan hasilnya sangat berdampak bagi daerah tersebut,”katanya.

Selain membangun Embung Bukit Tumang, BWSS IV Kepri juga telah membangun saluran irigasi di Bukit Langkap, Kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga. Yang mana pembangunannya telah dimulai pada tahun 2018 yang lalu, dan akan dilanjutkan pada tahun ini untuk pemanfaatan lahan persawahan diwilayah tersebut. Selain itu BWSS Kepri di Kabupaten Lingga juga telah melakukan pembangunan penahan pantai di wilayah Singkep pesisir.

Jadi tugas kita selain membuat penampungan cadangan air, kita juga membenahi penahan pantai yang dapat menyebabkan abrasi, sehingga merusak infrastutur jalan,”paparnya.

Tim independent dari internal BWSS Kepri ini, berada di Kabupaten Lingga hampir satu minggu penuh untuk memastikan beberapa infrastruktur yang akan di bangun di Kabupaten Lingga pada tahun ini. (Sb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.