Bupati Pelalawan Bersama Ketua DPRD Sidak, Cek Harga Pembelian Sawit di Pabrik

Pelalawan21 Dilihat

Pelalawan, MediaKepriNews.Com- Bupati Pelalawan H Zukri melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke pabrik pengolahan kelapa sawit melakukan pengecekan harga pembelian tandan buah segar (TBS) kelapa sawit. Pengecekan itu setelah mendengar banyak keluhan petani sawit bahwa tingginya sortasi (potongan) harga TBS sawit petani di berbagai pabrik di kabupaten Pelalawan.

Bupati Pelalawan H Zukri dan OPD Serta Ketua DPRD Terjun ke Pabrik Pembelian Kelapa Sawit

Bupati H Zukri didampingi Ketua DPRD Pelalawan Baharudin SH dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait , Rabu (29/09/2021) memantau tiga pabrik pengolahan kelapa sawit di Kecamatan Pangkalan Lesung dan Kecamtan Pangkalan Kuras. PT MAS, PT IIS, dan PT CAS menjadi tempat pemantauannya.

Sesuai pengaduan petani, ternyata hasil sidak Bupati dan Ketua DPRD sangat mengejutkan. Dipabrik dilakukan potongan sortasi diatas 4-5 persen untuk sawit petani. Hal ini sangat merugikan petani dan tidak ada standar pemotongan. “Hasil pemantauan kita, ternyata pengaduan petani terkait harga pembelian tandan buah segar kelapa sawit jauh dari harapan,” pungkas H Zukri yang didukung Ketua DPRD.

Dijelaskan Bupati, dengan hasil pantauan harga tandan buah segar kelapa sawit di pabrik jauh dari harapan maka Bupati dan Ketua DPRD sepakat akan memanggil seluruh pabrik pengolahan sawit di kabupaten Pelalawan. “Dengan fakta ini kami sepakat akan memanggil seluruh pabrik kelapa sawit di kabupaten Pelalawan dan segera akan merumuskan regulasi yang menguntungkan masyarakat petani termasuk standar harga buah sesuai dengan ketentuan Permentan dan Peraturan Gubernur,” kata H Zukri menjelaskan.

Karena harga TBS kelapa sawit petani jauh dari hari harapan. “Jauh dari harga tim yang ditetapkan. Ini sangat merugikan petani. Dari hasil pemantauan dan hasil temuan di lapangan ini sangat berharga menjadi masukan untuk mengambil kebijakan pemerintah. Kita ingin sejahterakan petani, mohon dukungannya,” tutup H Zukri. EP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.