Bertambah 10 Orang Terkonfirmasi Covid-19, Sembuh 4 Orang di Pelalawan

Pelalawan27 Dilihat

Pelalawan, MediaKepriNews.Com-Hari ini bertambah kasus positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Pelalawan Riau masih Jumat (18/09/2020).

Pasien baru terkonfirmasi positif corona yang bertambah 10 orang yang berasal dari swab test secara mandiri oleh perusahaan.

Penambahan ini juga hasil tracing contact dari pasien positif yang lama yang hasil swab test dikeluarkan oleh laboratorium.

Pasien baru ini berusia antara lima sampai 40 tahun dan menjalani isolasi mandiri serta berasal dari Pangkalan Kerinci. “Semuanya menjalani isolasi mandiri. Tentu dengan pengawasan tim medis secara ketat,” terang Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Pelalawan, H Asril M.Kes, Jumat (18/09/2020).

Adapun identitas 10 pasien baru yakni AFS (5) kontak erat dari pasien lama berinisial DS dan NNS, AEP (36) kontak erat dengan EP, FLP (25), JNS (23) kontak erat dengan MH, dan JS (24)
Kemudian MSH (8) kontak erat dengan MN, NNS (40) kontak erat dengan DS, PA kontak erat dengan MN, SI (16) kontak erat MN, dan YM (19) kontak erat dengan MN.

Selain penambahan 10 pasien, ada juga pasien lama yang mengalami kesembuhan sebanyak empat orang.
Diantaranya CL (15) asal Kecamatan Langgam, AS (10) asal Langgam, ML (52) asal Pangkalan Kerinci, dan TB (12) asal Pangkalan Kerinci.

Keempatnya diisolasi dan dirawat di rumah sakit swasta Kota Pekanbaru. Mereka diperbolehkan pulang dengan mengantongi hasil swab test negatif dua kali berturut-turut.

Pasien positif Covid-19  di Pelalawan meningkat tajam lantaran penambahan penderita baru setiap hari sangat signifikan.
Pasien yang terdeteksi corona ini didapatkan dari hasil penelusuran kontak erat dengan pasien positif yang lama.

Kemudian ditambah lagi dengan hasil swab massal yang dilakukan Dinas Kesehatan (Diskes) Pelalawan dan perusahaan yang beroperasi di Pangkalan Kerinci.

“Saat ini total angka positif Covid-19  di Pelalawan mencapai 365 orang. Tiga orang diantaranya meninggal dunia,” tandas Asril.

Diskes telah melakukan tracing contac terhadap pasien positif yang meninggal dunia tersebut.
Hasilnya keluarga maupun sanak saudara yang pernah kontak erat ternyata sudah terinfeksi corona berdasarkan hasil swab test. Ada juga hasil pemeriksaan dari laboratorium belum keluar.

Asril menuturkan, dari 365 pasien positif Covid-19 yang lima orang diantaranya berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Saat ini mereka menjalani isolasi mandiri maupun isolasi rumah sakit. “Ada juga ASN yang positif corona selain mereka, tapi pendataannya masuk ke Kota Pekanbaru. Karena mereka berdomisili disana. Kebanyakan tertular dari istri maupun suaminya,” beber Asril.

Secara rinci, dari 365 pasien positif Covid-19 di Pelalawan, hanya 98 orang yang baru dinyatakan sembuh.

Sedangkan 264 orang lainnya masih menjalani isolasi maupun pengobatan untuk berjuang lepas dari belenggu corona.
Sebanyak 179 diantaranya menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing lantaran tidak mengalami keluhan atau Orang Tanpa Gejala (OTG), 85 pasien lainnya diisolasi di rumah sakit. EP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.