MediaKepriNews.Com-Sebagai wujud pengendalian kebakaran hutan ada berbagai kegiatan yang dilakukan untuk mencegah dan membatasi kerusakan hutan yang disebabkan oleh kebakaran.  Saat ini dilakukan Pelatihan Kesiap Siagaan  Pengendalian Karhutla Skala Lokal Desa di Kecamatan Teluk Meranti dari tanggal 19 – 22 Januari 2022. Hal ini disampaikan Rudianto Plt Kaban BPBD Pelalawan pada Jumat (21/01/2022).

Pelatihan Kesiap Siagaan  Pengendalian Karhutla Skala Lokal Desa di 6 Desa Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan.

Kegiatan tersebut meliputi pelatihan pencegahan, pemadaman dan penanganan pasca kebakaran. 6 Desa diantaranya Desa Pangkalan Panduk, Desa Petodaan, Desa Pangkalan Terap, Desa Pulau Muda, Desa Labuhan Bilik, Desa Gambut Mutiara.

Pelatihan Kesiap Siagaan  Pengendalian Karhutla dengan

Kolaborasi antar stake holder, Tim Relawan Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan Gambut ( Rel -AKHLAG), bersama unsur Polri, TNI, BPBD, MPA, Akademisi dan pemerintah kecamatan, pemerintah desa dalam wilayah kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan.

Kolaborasi tim melakukan kesiap siagaan  Pengendalian Karhutla Skala Lokal Desa membuat sumur resapan Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan Gambut (AKHLAG) sebagai salah satu alternatif ketersediaan air untuk antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di lokasi gambut.

Masyarakat dan Tim MPA desa merasakan kebermamfaatan pelatihan yang sekaligus sumulasi pembuatan sumur resapan yang bernama sumur AKHLAG. ” Pelatihan dan kolaborasi dalam kesiap siagaan  pengendalian Karhutla skala desa sangat cocok. Karena ilmu yang diberikan merupakan salah satu alternatif pengendalian Karhutla,” ujar

Ateng Rifai warga Pulau Muda yang sering aktif pemadaman Karhutla.

Kegiatan kesiap siagaan untuk pencegahan, pemadaman dan penanganan pasca kebakaran hutan dan lahan harus dilakuan untuk memberikan  pemahaman  agar warga tidak sembarangan membakar atau membuka lahan tanpa bakar.

Memastikan api benar-benar mati jika ada sumber api yang potensi karhutla. Mengawasi titik rawan, melakukan patroli.

Membuat ketersediaan sarana pemadaman dan ketersediaan air seperti Sumur AKHLAG di lahan gambut.

Dikatakan Rudianto Plt Kaban BPBD Pelalawan dalam rangka mendukung Pelatihan Kesiap Siagaan  Pengendalian Karhutla Skala Lokal Desa di Kecamatan Teluk Meranti.  BPBD Pelalawan mengerahkan  sarana prasarana yang ada, seperti sarana pemadaman dan peralatannya. Ditambah 2 unit mobil baru yang pertama kali dipakai langsung berangkat  ke  Teluk Meranti untuk mendukung kegiatan

Pelatihan Kesiap Siagaan  Pengendalian Karhutla Skala Lokal Desa di Kecamatan Teluk Meranti.

Harapannya kedepan  menargetkan semua desa yang rawan karhutla dan lokasi ada gambutnya di Kabupaten Pelalawan untuk dapat membuat kegiatan Pelatihan Kesiap Siagaan  Pengendalian Karhutla Skala Lokal Desa.***

Artikulli paraprakGubernur Riau Dukung Kolaborasi APR & API, Dongkrak 23 UKM Fesyen Riau
Artikulli tjetërWakil Wali Kota Batam Bersama 600 Pegawai Pemko Batam Divaksin Booster

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.