Satu Orang Warga Pangkalan Kerinci Dinyatakan Positif Terinfeksi COVID -19

Pelalawan20 Dilihat

Pelalawan,Mediakeprinews.com- Satu orang warga Pangkalan Kerinci yang sebelumnya ditetapkan Pasien Dibawah Pengawasan (PDP) dinyatakan positif terinfeksi virus corona (COVID – 19) pada Kamis (2/4/2020). Hal ini dibenarkan Asril SKM MKes Kepala Dinas Kesehatan Pelalawan yang juga juru bicara Gugus Tugas COVID -19 Kabupaten Pelalawan.

Kepala Dinas Kesehatan Pelalawan mengatakan Sesuai yang sudah di umumkan Gubernur Riau, pertambahan pasien positif terinfeksi virus corona (COVID -19) di Riau bertambah empat orang. Dengan demikian total pasien positif covid-19 di Riau berjumlah tujuh orang.Dari tujuh pasien positif tersebut, salah satunya merupakan warga Kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan – Riau. Pasien tersebut adalah seorang perempuan berinisial RBT (50) dirawat di Rumah Sakit Santa Maria Pekanbaru” ujar Asril.

Dijelaskan Asril, pasien sudah konfirmasi ke Propinsi dan memang benar ada satu warga Kabupaten Pelalawan yang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dinyatakan positif terinfeksi COVID -19  setelah hasil pemeriksaan sampel atau swab dari laboratorium Kementerian Kesehatan (Kemenkes) keluar pada Kamis 02 April 2020.

Pasien dari Kabupaten Pelalawan menjadi pasien ke -7 di Provinsi Riau terinfeksi positif COVID-19. Pasien saat ini menjalani isolasi di RS Santa Maria Kota Pekanbaru. Dari informasi keluarganya pasien memiliki riwayat perjalanan dari daerah terjangkit yang yakni Jakarta. Sebagai tindak lanjut adanya pasien positif terinfeksi virus corona (COVID -19) di Kabupaten Pelalawan.

Tim telah bergerak cepat menindaklanjuti hal tersebut, saat ini tiga anggota keluarga dari RBT langsung diisolasi di RSUD Selasih dan Kompleks kediaman yang bersangkutan dilakukan penyemprotan disinfektan. Pasien RBT saat ini masih dirawat intensif dan tentunya kita berharap kondisinya semakin membaik hingga sembuh, ujarnya.Kadinkes

Selanjutnya tim juga melakukan tracking pendataan kepada warga yang sempat kontak dan dekat kepada pasien dan orang disekitar pasien “Akan segera dilakukan pendataan kepada warga yang sempat kontak dan dekat kepada pasien dan orang disekitar pasien sebelumnya. Untuk segera memutus tali rantai atau penyebaran selanjutnya. Dilakukan pengecekan rapid tes dan dihimbau isolasi” kata Asril.

Kadinkes meng imbau kepada masyarakat Pelalawan untuk tidak panik dan melakukan anjuran pemerintah. Jaga kesehatan, sering cuci tangan, jaga jarak, minum air putih hangat yang banyak. Kita bersama dan mengutamakan keselamatan bersama. Kita bersatu bekerjasama melawan penyebaran COVID -19. EP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.