Festival Nusantara Viking Bintan Island Bangkitkan Ekonomi UMKM Lokal

Batam80 Dilihat

MediaKepriNews.Com- Penyelenggaraan Festival Nusantara Viking Bintan Island memberikan dampak positif terhadap sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Berkat acara yang mendapat dukungan penuh Muhammad Rudi sebagai Sesepuh Viking Kepri, ratusan pelaku UMKM mampu meraih omzet puluhan juta rupiah.

Hal ini menjadi sinyal positif bagi kebangkitan ekonomi UMKM lokal di sana.

Mengingat, usaha mikro merupakan salah satu sektor yang dapat membuka lapangan kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat, dan mengurangi tingkat pengangguran di daerah.

“Alhamdulillah, selama dua hari kegiatan yaitu tanggal 9 dan 10 Desember, perputaran uang bisa mencapai 90 sampai 100 juta rupiah. Ini memberi kebermanfaatan ekonomi bagi pelaku UMKM,” ujar ketua panitia pelaksana, Ceffi, Selasa (12/12/2023).

Ia pun tak lupa untuk mengucapkan rasa terima kasih kepada Muhammad Rudi yang merupakan Sesepuh Viking Kepri sekaligus Kepala BP Batam.

Menurutnya, keberhasilan Muhammad Rudi membangun Batam menjadi motivasi bagi seluruh anggota untuk ikut berperan dalam membangun daerah.

“Semangat kami sama dengan Bapak Rudi yang ingin berbuat untuk daerah tercinta,” pungkasnya.

Kang Andi, salah satu pedagang cimol dan otak-otak goreng, merasa bersyukur atas terselenggaranya acara Festival Nusantara Viking Bintan Island.

Menurut Andi, festival jajanan khas Nusantara seperti ini bisa menjadi alternatif untuk membangkitkan perekonomian masyarakat.

“Kami sebagai pedagang bisa merasakan betul manfaatnya. Mudah-mudahan Pak Rudi tambah jaya dan agenda ini bisa terus berlanjut,” katanya.

Terpisah, Kepala BP Batam sekaligus Sesepuh Viking Kepri, Muhammad Rudi, mengapresiasi semangat seluruh anggota Viking untuk menyukseskan acara tersebut.

Selain mempererat tali silaturahmi, lanjut Muhammad Rudi, agenda seperti ini juga dapat memberi manfaat kepada ekonomi daerah.

“Saya berharap, pengembangan Batam memberikan dampak positif bagi daerah lainnya. Tak terkecuali untuk Tanjungpinang dan Bintan. Mari tetap jaga kekompakan untuk kemajuan daerah,” ujar Rudi. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.