Cegah Penyebaran Covid19, Rafiq: Disiplin Protokol Kesehatan Saat Ini Hindari Sunnah

Kepri26 Dilihat

Karimun,MediaKepriNews.Com-Bupati Karimun Aunur Rafiq menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Karimun, provinsi kepulauan Riau agar disiplin dalam menjalankan protokoler kesehatan tentang Corona.

Harapan sekaligus permintaan tersebut diucapkan langsung oleh Rafiq kepada sejumlah awak media di gedung Nasional, Sabtu (15/08/2020).

Dalam himbauan tersebut selain tertip protokoler kesehatan Rafiq juga meminta kepada masyarakat agar selalu menjaga jarak satu sama lain terlebih lagi kontak fisik secara langsung.

seperti halnya berjabat tangan ketika kita berjumpa dengan karib kerabat, sikap ini sudah menjadi suatu budaya ditengah masyarakat, dalam kondisi saat ini Rafiq berharap agar dihindari dahulu.

“hindari sentuhan secara fisik denga sesama, banyak cara lain yang bisa dilakukan seperti menganggukkan kepala saja ketika jumpa,” ujar Rafiq.

Perlu diketahui tindakan ini dilakukan bukanlah untuk menghilangkan etika maupun budaya yang sudah melekat di tengah masyarakat, namun sikap itu merupakan satu cara untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19.

Masih Rafiq melanjutkan, dalam pandangan Islam itu sendiri berjabatan tangan adalah sunah, sedangkan menjaga kesehatan diri sendiri merupakan kewajiban apalagi menjaga kesehatan orang lain.

“Mohon pengertian dan pemahamannya, ini bukan soal melarang budaya maupun etika kita. Tapi untuk sementara dengan penyebaran Covid-19 saat ini, sentuhan-sentuhan fisik yang merupakan sunah kita hindarkan dulu untuk sementara waktu utamakan yang wajib yakni menjaga kesehatan kita maupun orang banyak” kata Rafiq mengakhiri.(RF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.