BP Batam Lakukan Penataan Arsip Yang Tercipta Dari Masa ke Masa

Kepri37 Dilihat

Mediakeprinews.com- BP Batam menyelenggarakan pelatihan mengenai pengelolaan arsip di lingkungan kerja BP Batam dimana pelatihan tersebut ditujukan bagi para pengelola arsip seluruh unit-unit kerja untuk menata seluruh arsip yang ada di BP Batam.

Arsip merupakan aset penting sebagai bahan akuntabilitas dan alat bukti atau historis yang sah, bagi keberlangsungan sebuah organisasi, oleh karena itu mengingat pentingnya hal tersebut, Badan Pengusahaan (BP) Batam mengadakan In House Training Pengelolaan Arsip Dinamis dengan tema “Melalui In House Training, Kita Tingkatkan Pemberkasan Arsip Aktif dan Penataan Arsip In Aktif di Lingkungan BP Batam” pada Selasa (13/11) pagi di Gedung IT Center BP Batam.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Pusat Diklat Arsip Nasonal Republik Indonesia, Listyaningtyas bahwa,

“Tujuan In House Training ini dilaksanakan adalah agar teman-teman pengelola arsip di BP Batam ini dapat mengelola arsip sesuai dengan aturan-aturan kearsipan. Karena tupoksi BP Batam yang bisa dibilang strategis dalam mengelola Pulau Batam, pasti banyak sekali arsip-arsip yang tercipta dari masa ke masa yang harus dikelola dengan baik.”

Nantinya, menurut Listya, arsip yang dikelola BP Batam akan menjadi sumbangsih bagi arsip statis kepada bangsa dan negara. Sehingga diharapkan sedari awal, arsip-arsip dinamis di BP Batam dapat dikelola dengan baik sesuai dengan kaidah-kaidah kearsipan.

In House Training ini dilakukan dengan beberapa metode penyampaian, diantaranya ceramah, diskusi, dan praktek bagaimana pengelola arsip dalam melakukan pemberkasan, pemusnahan dan pemiindahan arsip.

Desiana Repelita, selaku Kepala Bagian Sekretariat, Arsip dan Perpustakaan mengatakan bahwa sebanyak 65 pegawai dari 22 biro dan direktorat di BP Batam hadir dalam In House Training ini.

“Pengelolaan arsip di BP Batam saat ini kami nilai cukup baik. Namun memang, sebelum melaksanakan In House Training ini, kami telah melakukan monitoring dan hasilnya kurang memuaskan. Untuk itu dengan dilaksanakannya pelatihan-pelatihan seperti ini, apa yang telah disampaikan oleh pemateri dapat diimplementasikan dengan baik oleh peserta.” Kata Desi.

Ia juga berharap dengan diadakannya In House Training ini secara berkala maka pengelolaan sistem arsip BP Batam akan semakin baik ke depannya.**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.