Pelalawan, MediaKepriNews.Com- Polres Pelalawan tiap tahun membuka program pembinaan dan pelatihan (Binlat) pada pelajar calon siswa (casis) kepolisian. Binlat ini tempat pembinaan dan latihan yang dilaksanakan bertujuan membentuk bibit unggul kepolisian. Bibit unggul calon siswa polisi menjadi polisi yang baik dari segi kesamaptaan, psikologi, maupun akademik khususnya berasal dari Kabupaten Pelalawan. Hal ini disampaikan Kapolres Pelalawan AKBP Indra Wijatmiko, SIK pada Senin (09/08/2021)

“Binlat Polres Pelalawan adalah tempat pembinaan dan latihan yang di laksanakan bertujuan untuk membina para pelajar calon siswa kepolisian. Agar kedepan menjadi polri yang berprestasi dan polri yang menjalankan tugas dengan baik dan mencintai masyarakat. Pembinaan sangat perlu membentuk bibit unggul calon siswa kepolisian yang baik dari kesamaptaan, psikologi, maupun akademik, khususnya dari Kabupaten Pelalawan, ” ungkap Kapolres didampingi Kabag Sumda Polres Pelalawan selaku Ketua Binlat Kompol Dodi Zulkarnain Hasibuan, SE.

Dikatakannya kegiatan pembinaan dan latihan ini bekerja sama dengan pemerintah kabupaten pelalawan dalam hal ini Dinas Pariwisata , Pemuda dan Olahraga. Rekrut pelajar Binlat dengan 2 jenis penerimaan.
Pertama memiliki prestasi akademik 10 besar di kelas. Atau pemenang olimpiade cerdas cermat, dan lain sebagainya. Kedua melalui non akademik, berprestasi pemenang menang perlombaan olahraga tingkat Provinsi dan Nasional atau Internasinal.

Binlat Polres Pelalawan membuka
quota binlat prestasi hanya 32 orang setiap tahunnya. Setelah melalui seleksi dilanjut seleksi casis Binlat. “Alhamdulillah pada tahun 2020 peserta binlat Polres Pelalawan berhasil lulus sebanyak 7 orang. Dan tahun 2021 sebanyak 14 orang,” kata Kapolres.

Adapun pelatih Binlat Polres Pelalawan, diantaranya Aipda Ade Perdana Putra , (PS Paur Lat Bag Sumda Polres Pelalawan), Bripda Pandu (Bamin Bag Sumda Polres Pelalawan). Bripda M.Nanang Pratama (Bamin Bag Sumda Polres Pelalawan).

Peran Polres membimbing dan membina secara gratis peserta binlat mulai dari awal sampai akhir proses seleksi penerimaan anggota polri. Mulai dari kesehatan, administrasi, fisik, akademik , termasuk memberi motivasi kepada casis polri. Binlat juga dapat terus berlatih di rumah agar ketika nanti mengikuti tes sesungguhnya telah siap dan maksimal.

Peserta diharapkan sukses kedepannya hingga dapat menjadi polri yang berprestasi dan polri yang menjalankan tugas dengan baik dan mencintai masyarakat. Binlat Jasmani dan Psikologi meningkatkan Lari, Pull up/ Chinning, Sit Up, Push Up, Shuttle Run dan Renang dan memahami soal serta cara menjawab soal Psikologi dalam pelaksanaannya, serta tips dalam menghadapi tes demi tes khusus calon Anggota Polri. Binlat dilaksanakan setiap hari Senin, Rabu dan Jumat di Lapangan Polres Pelalawan.

Binlat dimulai pada bulan September 2021, bagi yang ingin bergabung mempersiapkan diri casis Polri. Jalur prestasi akademik dan prestasi non akademik menghubungi
Aipda Ade Perdana (081365686583) dan Bripda Pandu Asa ( 085265842197 ). Selanjutnya akan ada seleksi persyaratan di Mapolres Pelalawan.

Binlat Polres Pelalawan membimbing calon siswa Tamtama Kepolisian, Bintara Kepolisian dan Taruna Kepolisian yang diselenggarakan di Akademi Kepolisian (Akpol). Persyaratan Binlat juga melalui persyaratan seleksi pemeriksaan kesehatan , pemeriksaan psikologi, pengujian kemampuan jasmani dan pengujian akademik. Adapun pemeriksaan kesehatan, yakni berat dan tinggi badan, pemeriksaan farises, tensi dan nadi, fisus mata dan fisus buta warna dan pemeriksaan gigi, THT, fisik, embeyen dan porkokel. ….***

Berita sebelumyaAnggota DPRD Provinsi Kepri Onward Siahaan Reses di Kavling Kamboja, Puluhan Warga Keluhkan Persoalan Tiang Listrik
Berita berikutnyaMinimalisir Penyebaran COVID-19, Kapolres Indra Wijatmiko Tinjau Penyekatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.