Peringatan Hardiknas, Ketua DPRD Batam Nuryanto Ajak seluruh Insan Pendidik Tingkatkan Mutu Pendidikan

Batam26 Dilihat

MediaKepriNew.Com- Ketua DPRD Kota Batam menghadiri upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), yang digelar di Lapangan Engku Putri, pada 2 Mei 2023, Batam Center.

Momen peringatan Hardiknas diwujud dengan kepedulian pemerintah terhadap pentingnya pendidikan. Peringatan hardiknas juga didedikasikan untuk mengingat kembali filosofi nilai perjuangan Ki Hadjar Dewantara, dalam menegakkan fondasi pendidikan di Indonesia.

Sesuai tema Hardiknas tahun ini ‘Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar’, yang memiliki tujuan untuk memperkuat komitmen seluruh insan pendidik untuk terus berinovasi meningkatkan mutu pendidikan sebagai pondasi menuju bangsa yang berdaya saing.

Demikian disampaikan Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto, usai mengikuti upacara pengibaran bendera pada peringatan Hari Pendidikan Nasional Tingkat Kota Batam Tahun 2023.

Dikatakan Nuryanto, Hardiknas momen dalam menumbuhkan kembali rasa patriotisme dan nasionalisme, bagi seluruh insan pendidikan khususnya di Kota Batam, Provinsi Kepri.

“Saya mengajak seluruh masyarakat khususnya para pendidik untuk bisa meneladani filosofi yang sudah dipegang teguh oleh Ki Hadjar Dewantara, yang mana menurut semboyan pendidikan tersebut, Ing ngarsa sung tuladha, Ing madya mangun karsa dan Tut wuri handayani,”ujar Politisi PDI Perjuangan ini.

Nuryanto juga menjabarkan, “Ing ngarsa sung tuladha, berarti harus bisa memberi contoh atau suri teladan bagi mereka yang berada di tengah dan belakang,” terangnya.

Kemudian, semboyan Ing madya mangun karsa yang berarti ketika di tengah, harus bisa memberikan semangat untuk kemajuan. Selanjutnya, semboyan Tut wuri handayani.

“Semboyan terakhir ini memiliki arti bahwa ketika di belakang kita harus mampu memberikan dorongan atau bantuan. Dan semboyan ini juga terekam dalam program dari Pemerintah Pusat melalui Merdeka Belajar-nya,” ujarnya.

Program Merdeka Belajar dianggap telah sukses mengakselerasi kualitas pendidikan di Tanah Air. Mulai dari kurikulum, penguatan siswa dan tenaga pengajar (SDM), hingga bantuan-bantuan pendidikan.

Merdeka Belajar adalah suatu pendekatan yang dilakukan oleh Pemerintah agar para pelajar bisa memilih pelajaran yang diminati. Hal ini dilakukan supaya para siswa dan mahasiswa bisa mengoptimalkan bakatnya dan bisa memberikan sumbangan yang paling baik dalam berkarya bagi bangsa.

“Saya melihat konsep pengembangan pendidikan ini sangat bagus, dan nantinya diharapkan generasi penerus bisa menjadi agen perubahan bagi daerahnya masing-masing. Sekali lagi saya ucapkan selamat Hari Pendidikan Nasional,” tegasnya.(jas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.