MediaKepriNews.Com Terima KunjunganTim Verifikasi Faktual Dewan Pers

Batam70 Dilihat

Batam, MediaKepriNews.Com- Tim Verifikasi Faktual Dewan Pers Kunjungi Kantor Redaksi MediaKepriNews.Com, Rabu 14 September 2022, di Ruko Rabayu Blok E no 2 Tembesi, Kota Batam.
Tim Verifikasi Faktual Dewan Pers dipimpin AA Ariwibowo dan Stafnya Fajar diterima langsung pimpinan Redaksi Edward Pangaribuan MSi, Pimpinan umum Agus Susanto Simanjuntak dan jajaran MediaKepriNews.Com.

Kedatangan Tim Verifikasi Faktual Dewan Pers ke Kantor Redaksi MediaKepriNews.Com merupakan bagian penting bagi sebuah perusahaan Pers setelah verifikasi Administrasi.
“Verifikasi faktual diperlukan untuk membuat keputusan final bahwa sebuah perusahaan pers sepenuhnya dapat dipercaya dalam memproduksi berita” ungkap AA Ariwibowo dalam penjelasannya kepada MediaKepriNews.Com

Verifikasi media adalah proses pemeriksaan terhadap perusahaan pers untuk menentukan data dan informasi yang disampaikan benar atau tidak. Sebuah media akan disematkan sebagai ‘media terverifikasi’ jika sudah terbukti dijalankan sesuai dengan ketentuan sebuah perusahaan pers.

Dewan Pers membagi proses verifikasi menjadi dua, yaitu verifikasi administrasi dan verifikasi faktual. Verifikasi administrasi meliputi pencatatan dan pemeriksaan atas dokumen-dokumen yang telah ada atau sudah diterima Dewan Pers.

“Sedangkan verifikasi faktual adalah upaya Dewan Pers untuk memeriksa semua persyaratan yang sudah diajukan. Verifikasi faktual menunjukkan bahwa baik administrasi maupun fakta-faktanya telah memenuhi semua persyaratan yang dipersyaratkan undang-undang maupun peraturan Dewan Pers,” tutur AA Ariwibowo.

Verifikasi faktual memeriksa semua persyaratan yang sudah diajukan dan apakah sudah menjalankan dengan baik. Terkait konten dan rubrik pemberitaan serta kontiniutas pemberitaan secara terus menerus dan up to date, teratur dan terstruktur.

Pimpinan Redaksi MediaKepriNews.Com Edward Pangaribuan MSI memberikan apresiasi terhadap kinerja Dewan Pers yang melakukan peran aktifnya mendata dan memberikan pemeriksaan dan edukasi tata kelola administrasi dan faktual yang seyogyanya harus dilakukan oleh sebuah media.

“Sebagai salah satu perusahaan media online di Provinsi Kepri. MediaKepriNews.Com sangatlah berkepentingan untuk mendapat predikat terverifikasi faktual. Predikat itu sebagai bukti bahwa sebuah perusahaan media menjaga kepercayaan publik atas konten berita yang diproduksi,” pungkas Edward Pangaribuan MSI.

“Dan saya mengucapkan terimakasih banyak kepada Tim Verifikasi Faktual Dewan Pers atas kunjungannya ke kantor redaksi kami, semoga dengan kedatangan teman-teman Dewan Pers kesini menjadi semangat kami dalam memajukan perusahaan Pers,” tutup Edward Pangaribuan yang merupakan seorang akademisi. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.