Antisipasi Karhutla, Polsek Kuala Kampar Pengecekan Mitigasi Sumur AKHLAG

Pelalawan45 Dilihat

MediaKepriNews.Com,- Kapolsek Kuala Kampar , Polres Pelalawan AKP Hanova Siagian SH melaksanakan kegiatan pengecekan mitigasi sumur Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan Gambut (AKHLAG), Senin (06/03/2023). Sumur AKHLAG adalah salah satu upaya inovasi  untuk menjadi alternatif penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan gambut  sekitarnya.

Kapolsek AKP Hanova Siagian SH didampingi Kanit Samapta Ipda H Samosir selaku inisiator founder Sumur AKHLAG beserta personil lainnya melakukan pengecekan, identifikasi, penormalan didearah kecamatan Kuala Kampar yang rawan bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Pengecekan Mitigasi serangkaian upaya untuk mencegah resiko bencana dengan melakukan kesiapan, penyadaran, dan perencanaan penanggulangan.

Sumur AKHLAG awalnya muncul otodidak mencari sumber air dari dalam gambut. Sulitnya mendapatkan air pemadaman menjadi kesulitan tersendiri saat terjadinya karhutla gambut. Terkadang datangnya helikopter untuk pemdaman, tidak membawa solusi, justru air yang di bom kan tidak sebanding dengan rembetan terbakar yang di akibatkan putaran rotator atau kipas helikopter meniup api dan bara kebakaran daerah gambut.

Ternyata dibawah lapisan gambut banyak. Penyimpanan air atau bungker air dibawah gambut dilakukan inovasi itulah disebut sumur AKHLAG. Sewaktu air diambil dari dalam, karena sifat air mengisi ruang kosong dan mencari tempat yang rendah. Air akan terus mengisi ruang kosong sewaktu terjadi pengisap air dari dalam sumur. Airnya tidak habis dan sangat efektif untuk antisipasi karhutla terutama lahan gambut.

Munculnya inovasi pembuatan sumur AKHLAG ini dari pengalaman otodidak ipda H Samosir dan telah di teliti dan disempurnakan oleh para tim ahli Rel-AKHLAG. Semoga sumur AKHLAG dapat berfungsi untuk karhutla. Di wilayah Kecamatan Kuala Kampar telah terpasang beberapa titik sebagai uji coba antisipasi karhutla. Polsek melakukan pengecekan mitigasi.

 

Adapun  hasil pengecekan di dapati bahwa :

1. Sumur AKHLAG yang berada di Kelurahan Teluk Dalam terdapat dalam kondisi baik dengan jarak air dalam pipa dari permukaan tanah lebih Kurang 10 ( sepuluh) Centimeter dan dapat dipergunakan untuk penanganan Karhutla.

 

2. Sumur AKHLAG yang berada di Desa  Teluk Dalam terdapat dalam kondisi baik  dengan jarak air dalam pipa dari permukaan tanah lebih Kurang 5( lima ) Centimeter dan dapat dipergunakan untuk penanganan kebakaran Hutan dan Lahan.

 

Untuk Kecamatan Kuala Kampar saat ini terdapat Mitigasi sumur AKHLAG sebanyak 28 titiik dan terdapat Embung sebanyak 4  (empat)  titik yang ada di Desa Serapung yaitu di PT SPA Distrik Serapung 2 titik  dan PT Essa Indah Timber  Pulau Tiga Desa Serapung 2 titik. Semoga karhutla dapat dicegah dan diantisipasi. **Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.