Anggota Polres Pelalawan Padamkan Katlahut di TNTN Hingga Larut Malam

Pelalawan29 Dilihat

MediaKepriNews.Com,- Memasuki musim kemarau beberapa bulan kebelakang kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) mulai terpantau di beberapa kabupaten di Provinsi Riau. Salah satu Karhutla juga terpantau hotspot dashbor lancang kuning ada di Kabupaten Pelalawan, Rabu (21/06/2023). Dikawasan Taman Nasional Teso Nilo (TNTN) di desa Air Hitam Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan.

Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto SH SIK membenarkan ada terjadi Karlahut yang terbakar sekitar 1.5 hektar. “Hotspot dan Titik api karhutla terdeteksi di aplikasi dashboard lancang kuning,” ungkap Kapolres.

Berdasar informasi tersebut tim Polsek ukui bersama TNI, Kehutanan Provinsi Riau langsung bergerak cepat menuju lokasi yang berjarak 30 kilo meter dari Polsek Ukui dengan menggunakan 10 unit sepeda motor Roda 2 untuk melakukan upaya pemadaman.

“Anggota Polsek Ukui bersama TNI dan Kehutanan bergerak menuju lokasi Karhutla. Namun karna jarak tempuh yang cukup jauh dan medan yang cukup sulit , terjal di perlukan waktu tempuh yang cukup lama, untuk menuju lokasi hingga 5 jam. Saat tim tiba di lokasi tim langsung melakukan verifikasi sesuai data dari DLK dan menemukan areal lahan mineral yang telah habis terbakar, lebih kurang 1.5 hektar yang masuk dalam Kawasan TNTN. Dusun Take Jaya RT 11 Desa Air Hitam. Anggota pemadam Polres hingga larut malam masih di lokasi. Infonya api sudah padam, yang hanya meninggalkan sisa asap yang keluar dari tunggul kayu yang telah terbakar” terang Kapolres.

Tim sedang menyelidiki penyebab kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Kawasan Taman Nasional Teso Nilo. Terkait pihak yang melakukan aktifitas pengolahan lahan yang terbakar polisi Polsek Ukui masih melakukan penyelidikan dan sudah memasang Police Lane di lokasi yang terbakar.**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.